Fakta Bau Badan & Urine

Mungkin kalian pernah berpikir kenapa ya badanku bau gini?? Gimana sih cara mencegah bau badan? Apa penyebab air seni berwarna kuning?
FInd the answers below..
  • Bau badan
Umumnya, keringat tidak berbau. Namun bila melekat di kulit untuk selama beberapa jam, dapat menimbulkan bau badan. Hal ini akibat aktivitas bakteri yang hidup alami di permukaan kulit. Bakteri-bakteri ini berkembang biak cepat di keringat.
  • Pencegahan bau badan
Cara terbaik mengurangi bau badan adalah dengan mandi bersih dua kali sehari. Hal ini akan menghapus keringat yang asam dan mengedalikan pertumbuhan bakteri.
  • Deodoran dan Antiperspiran
Sesudah mandi, gunakan deodoran yang mengandung antiperspiran pada ketiak untuk mencegah keringat sampai ke permukaan kulit. Hal ini biasanya dapat menghilangkan bau tubuh sepanjang hari. Deodoran dapat berbentuk semprotan, olesan, ataupun krim. Jangan menggunakan deodoran pada kulit yang terluka.
  • Pakaian
Keringat yang menembus serat pakaian dapat menghasilkan bau tak sedap. Selain itu, bakteri penyebab bau juga dapat merusak bahan pakaian. Jadi bila banyak berkeringat, pakaian (terutama yang bersentuhan langsung dengan kulit) harus sering dicuci.

Urine yang tampak tidak normal

Warna air seni (urine)
Kemungkinan Penyebab
Tindakan yang diperlukan
Merah jambu, merah, atau kecokelatan
Walau bahan makanan dapat menyebabkan perubahan warna ini, warna merah dapat disebabkan adanya darah dalam urine akibat infeksi atau kelainan saluran kandung kemih.
Periksa ke dokter segera. Dokter akan meminta contoh urine dan darah untuk membuat diagnosis.
Kuning gelap atau oranye
Kurang minum, demam, diare, ataupun muntah, dapat membuat warna urine menjadi gelap.
Warna urine akan kembali normal setelah cukup minum air putih.
Cokelat gelap
Kemungkinan besar menandakan sakit kuning akibat hepatitis, khusunya bila tinja tampak sangat pucat serta kulit dan putih mata terlihat kuning.
Periksa ke dokter. Dokter akan meminta contoh urine dan darah untuk diagnosis.
Hijau atau biru
Bahan pewarna makanan atau obat hampir pasti merupakan penyebab gejala ini.
Tidak perlu dicemaskan.

Sekarang udah tau kan, kenapa badan kita bisa berbau dan bagaimana cara pencegahannya. Cukup sekian dulu faktanya ya.. Semoga bermanfaat. Tunggu fakta - fakta lainnya yang lebih menarik!

Comments

Popular Posts