Macam - Macam Penyerbukan


Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari di kepala putik. Penyerbukan disebut juga persarian. Kepala putik ada yang berbulu halus, ada pula yang berlendir; fungsinya agar serbuk sari mudah melekat pada kepala putik.

Macam – Macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

Serbuk sari dapat mencapai kepala putik secara alami atau dengan bantuan manusia. Secara alami, serbuk sari dapat mencapai kepala putik dengan perantaraan angin, hewan, dan air. . Perantara yang menyebabkan terjadinya penyerbukan disebut polinator.
1.      Penyerbukan oleh angin
Ciri-ciri bunga yang diserbukkan oleh angin sebagai berikut. Bunganya tidak berwarna dan tidak mempunyai kelenjar madu. Serbuk sari berjumlah banyak dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin. Kepala sari besar dan tangkai sari panjang serta bergoyang jika ditiup angin. Putiknya terentang ke luar, panjang, dan berbulu. Contohnya adalah bunga kelapa, rumput, dan jagung.
2.      Penyerbukan oleh hewan
Hewan yang umumnya berfungsi sebagai perantara penyerbukan adalah serangga, misalnya kupu-kupu dan lebah. Selain serangga, hewan lain yang dapat berperan sebagai perantara penyerbukan antara lain siput, burung, dan kelelawar. Ciri-ciri bunga yang diserbukkan oleh hewan adalah memiliki mahkota berwarna-warni sebagai daya tarik, berbau harum, dan mempunyai kelenjar madu. Serbuk sarinya berlendir sehingga dapat melekat di tubuh hewan. Putik tersembunyi dan berlendir. Kupu-kupu, lebah, dan kumbang akan dating menghisap madu, dan serbuk sari akan menempel di tubuhnya. Ketika serangga tersebut hinggap di bunga lain yang sejenis, pernyerbukan pun terjadi.
3.      Penyerbukan oleh air
Penyerbukan ini terjadi pada tumbuhan yang bunganya terendam air, misalnya Hydrilla. Serbuk sari terbawa aliran air masuk ke kepala putik.
4.      Penyerbukan oleh manusia
Selain secara alami, penyerbukan juga dapat dilakukan dengan pertolongan manusia, misalnya pada salak dan vanili. Bunga salak dan vanili berkelamin tunggal sehingga ada bunga jantan dan bunga betina. Untuk mempermudah penyerbukannya, bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik, kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak.

Macam – Macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari

Berdasarkan asal serbuk sari, penyerbukan dapat dibedakan menjadi penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, dan penyerbukan silang.

1.     Penyerbukan sendiri (autogami)  
adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga itu sendiri. Contohnya bunga telang dan bunga turi.

2.       Penyerbukan tetangga (geitonogami)  
adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang masih berada pada suatu tumbuhan yang sama. Contohnya bunga jagung.

3.      Penyerbukan silang (alogami)  
adalah menempelnya serbuk sari dari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang berada pada tumbuhan lain yang sejenis. Penyerbukan ini sering disebut juga persilangan.

Comments

Popular Posts